Menyelami Indahnya teluk Tomini di Togian Island dan Taman Laut Olele di Sulawesi.

Menyelami kehidupan bawah laut memang pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika habitat bawah laut tersebut masih alami. Teluk Tomini adalah salah satu tempat yang sempurna.Teluk ini hanya berjarak beberapa menit dari Kota Gorontalo, Sulawesi Utara. Menyelam ini teluk dapat menikmati kekayaan aneka ragam hayati yang masih alami dan karang serta terumbu yang sempurna.Teluk yang terkenal dengan habitat bawah air dan biota lautnya yang indah ini juga dilengkapi beberapa pulau kecil yang tidak jauh. Teluk Tomini merupakan surga bagi para penyelam, karena posisi geografisnya yang dilintasi garis khatulistiwa.Desa Olele terkenal dengan tempat menyelamnya yang menantang di antara para penyelam profesional dunia.

Pantai Olele adalah pintu gerbang menuju surga bawah laut. Keindahan kehidupan bawah laut yang luar biasa di daerah ini telah diakui dan terbukti dengan antusianisme para penyelam yang datang ke pantai Olele. Para penyelam menyebut Olele sebagai tempat menyelam yang paling indah.Di Teluk Tomini dan pantai Olele, Anda dapat menemukan beberapa atau mungkin makhluk bawah air yang paling menakjubkan.Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang kaya dan unik , sejatinya perlu mendapatkan perhatian yang lebih besar.Dalam pembagian kawasan keanekaragaman hayati, kawasan ini berada di zona Wallacea, yang dalam sejarahnya merupakan kawasan terpisah dari Benua Asia maupun Australia. Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup (semi enclosed) yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo) dengan 14 kabupaten/kota serta 23 muara daerah aliran sungai (DAS).Di tengah-tengah Teluk Tomini ini, terdapat 56 rangkaian pulau-pulau yang dikenal dengan Kepulauan Togean yang panjangnya membentang hingga 90 kilometer. Enam pulau di antaranya termasuk yang kategori besar, yaitu Pulau Una-Una, Batulada, Togean dan Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi. Selebihnya adalah pulau-pulau kecil yang indah. Di pulau-pulau kecil itu, menjadi kawasan wisata yang setiap saat ramai dikunjungi wisatawan asing dari Eropa.Pulau-pulau tersebut yang mengelilingi enam pulau besar tersebut.

Di teluk ini, terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, dan seakan menjadi surga bagi para penyelam. Selain karena terumbu karangnya yang indah, berbagai jenis ikan juga hidup di sini.  Aset sumberdaya pesisir dan laut Teluk Tomini berupa terumbu karang merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle) dan Taman Nasional Laut Kepulauan Togean dikenal sebagai “the Heart of Coral Triangle” .Ekosistem Teluk Tomini sebagai salah satu dari 26 kawasan andalan laut nasional memiliki potensi sumberdaya pesisir dan laut yang sangat berlimpah bagi pengembangan kawasan wisata bahari dan lumbung pangan nasional.  Kawasan Teluk Tomini mencakup ekosistem terumbu karang, padang lamun dan mangrove serta pantai wisata dan pelabuhan laut.  Berdasarkan potensi tersebut maka pada tahun 2003, Presiden Megawati mencanangkan kawasan Teluk Tomini sebagai gerbang Mina Bahari dan pada tahun 2008 telah dilakukan peluncuran Program Percepatan Pembangunan Kawasan Tomini oleh Menteri Negara Percepatan Daerah.

Posisi Teluk Tomini yang strategis menjadikan Teluk Tomini sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia atau Heart of Coral Triangle yang menjadi salah satu bagian kesepakatan di ajang World  Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiatif (CTI) Summit baru-baru ini di Manado.  Hal ini semakin menegaskan perlunya suatu tindakan pencegahan agar kerusakan yang mulai tempak di kawasan itu untuk segara dibenahi.
Pemberdayaan Aset Teluk Tomini
Saat ini kawasan Teluk Tomini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat untuk berbagai aktifitas, diantaranya penangkapan ikan, pariwisata, pelabuhan dan kawasan konservasi (daerah perlindungan laut).UNESCO pun telah menetapkan Teluk Tomini sebagai salah satu kekayaan dunia yang patut dilindungi.  Pasalnya, di teluk ini menyimpan potensi laut yang sangat menjanjikan.  Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah melaporkan, potensi sumberdaya ikan di perairan tersebut, mencapai sekitar 330.000 ton per tahun dan yang dapat dikelola secara lestari sekitar 214.000 ton per tahun.Berdasarkan hasil riset selama ini, Teluk Tomini merupakan perairan teluk terluas di Indonesia serta memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.soooo,,,,ayuk,,,cinta bahari indonesia…:DDD

About the Author

Leave a Reply

*

captcha *