Mandi Matahari di Bulusan

Oleh Gael Hilotin, Kontributor | Yahoo! Southeast Asia Newsroom – Kam, 28 Mar 2013
Saat berada di Donsol, berkunjunglah ke daerah Bulusan melalui jalan Gubat-Barcelona. Bulusan terletak di Sorsogon dan garis pantainya menghadap Selat San Bernardino dan Samudera Pasifik. Jalan raya di sini sudah bagus, tidak lagi berlubang dan terjal tetapi beraspal cukup lebar sehingga Anda menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan.
Gunung Bulusan.
Bulusan selalu menjadi magnet bagi para turis. Bersenang-senanglah melihat hutan yang rimbun, puncak menjulang, mata air jernih dan danau serta birunya laut di sekitar pantai yang dangkal. Tempat ini juga menjadi rumah bagi Punta Diamante, sebuah benteng segitiga yang mengelilingi Parist of St. James the Great, salah satu gereja tertua di provinsi Sorsogon.

Menara lonceng Bulusan terbuat dari batuan koral, salah satu dari lima menara pemantau yang dibangun di dalam benteng itu untuk melindungi teritorial dari penjarah Moro saat periode kolonialisme Spanyol.

Pergilah mandi matahari di Dancalan Beach yang tenang, dengan biaya murah 10 peso (sekitar Rp2.400) per orang. Anda akan mendapatkan tempat piknik yang ideal. Puaskan keinginan Anda untuk snorkeling dan berenang di airnya yang tenang dan biru. Cottage menjamur di daerah pantainya dan untuk Anda yang ingin menginap, tersedia kamar dengan AC mulai harga 1.000 peso (sekitar Rp240 ribu).
Dancalan Beach.
Dalam perjalanan ke kota Bulusan beberapa meter setelah Dancalan Beach,ada jalanan bertebing dengan pemandangan indah yang terkenal dengan nama Tan-awan, akan menyenangkan jika ada dek untuk melihat pemandangan karena tempat ini menawarkan pemandangan menakjubkan Samudera Pasifik dan Pulau San Bernardino.

Air Terjun Palogtoc yang menawan dulu menjadi tempat piknik favorit karena airnya yang dingin dan dikelilingi tumbuhan hijau, tapi sekarang, tempat itu mulai terlupakan. Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda akan melewati sebuah bukit yang indah dilapisi rumput dengan bayangan pohon kelapa yang menjulang tinggi.
Air terjun Bayugin.
Air Terjun Baygin di Brgy, San Francisco tersembunyi di dalam sebuah hutan yang lebat. Mendakilah jejak terjal menuju air terjun dan kagumi air terjun yang sangat jernih itu, ideal untuk berenang.

Berada di jantung Bulusan National Park adalah pemandangan unggulan daerah itu — gunung berapi Bulusan. Danau Aguingay yang mengagumkan bisa dicapai melalui pendakian ke puncak gunung Bulusan. Tempat itu diyakini memiliki kawah aktif dengan dua puncak. Jelajahi gunung Bulusan dalam sehari atau dua hari dan Anda akan terpesona dengan pemandangan indah di sekitarnya. Juga saksikan keajaiban di Danau Blackbird, dikelilingi batu-batu besar dan terus mengepulkan uap belerang.
Danau Bulusan.
Di kaki gunung yang dikelilingi hutan lebat adalah Danau Bulusan yang tenang, dikelola oleh AGAP Bulusan. Airnya yang hijau dikelilingi oleh pohon dipterocarp, pakis, tanaman rambat, dan semak. Jika Anda memiliki teropong, cobalah untuk mengamati burung-burung yang sangat banyak dan elang, yang biasanya terlihat di atas danau. Gunakan kayak dan mendayunglah di sekitar danau dan cobalah sepeda air untuk menikmati suasana Danau Bulusan yang menyegarkan. Meskipun terkenal di kalangan turis, tempat ini tetap tenang dan damai seperti daerah lain di Bulusan.

About the Author

Leave a Reply

*

captcha *