Akhir Tahun, Hotel Kawasan Bromo Habis Dibooking

TEMPO.CO, Jakarta – Hotel di kawasan wisata Gunung Bromo diborong habis oleh para wisatawan. Mereka tak ragu mem-booking kamar kendati tarif sewa naik hingga 100 persen. Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin, sudah 90 persen kamar hotel di kawasan Bromo dipesan turis untuk libur Natal dan Tahun Baru ini. “Pemesanan kamar sejak akhir November,” kata Yoyo, panggilan akrab Digdoyo, saat dihubungi Tempo, Kamis, 13 Desember 2012.

Ia memastikan sepanjang libur Natal dan Tahun Baru mendatang, kamar-kamar hotel di kawasan Bromo penuh. Turis yang terlanjur berencana merayakan akhir tahun di kawasan Bromo terpaksa harus menginap di homestay warga setempat. Yoyo mengatakan jumlah kamar hotel di kawasan Bromo hanya sekitar 300 unit.

Yoyo mengatakan musim liburan merupakan “panen raya” bagi pengelola hotel. Makanya, tak heran jika sebagian besar tarif kamar hotel naik, bahkan hingga 100 persen. Kamar yang biasanya bertarif Rp 200 ribu semalam naik menjadi Rp 400 ribu, yang Rp 300-350 ribu menjadi Rp 700 ribu.

Kenaikan tarif itu diberlakukan mulai 24 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013. “Soal kenaikan tarif hotel sudah kami beritahukan sejak November lalu,” kata Yoyo. Menurut dia, informasi kenaikan tarif sudah dissosialisasikan melalui agen travel dan biro wisata yang biasa beroperasi ke kawasan wisata Gunung Bromo. “Sebagian besar tamu sudah tahu. Setiap menyambut Natal dan tahun baru memang seperti itu.” katanya.

Tidak hanya tarif sewa kamar saja yang naik, sewa kuda atau kendaraan Jeep di kawasan Bromo juga naik meskipun tidak sampai 100 persen. “Wisatawan sudah tahu semua soal itu,” ujarnya. Libur Natal dan tahun baru merupakan peak season wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pada masa liburan tersebut, semua sektor usaha jasa dan industri pariwisata di kawasan Gunung Bromo, seperti hotel, restauran, jasa penyewaan kuda, dan Jeep menerima penghasilan lebih dibanding hari-hari biasa.

DAVID PRIYASIDHARTA
http://www.tempo.co/read/news/2012/12/13/199447941/Akhir-Tahun-Hotel-Kawasan-Bromo-Habis-Dibooking

About the Author

Leave a Reply

*

captcha *